April 27, 2010

kalbe farma andalkan kas Rp. 1.2 triliun

Posted in pharmacy industry tagged , pada 3:00 pm oleh Pharmacy Education

Dikutip dari Bisnis Indonesia, 7 April 2010
Oleh: Bambang P. Jatmiko

PT. Kalbe Farma Tbk masih mengandalkan kas inernal senilai Rp. 1.2 triliun untuk ekspansi usaha terutama untuk produksi dan pengembangan obat-obatan generic pada tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma Vidjongtius menuturkan pihaknya tetap membuka peluang untuk emisi obligasi tanpa menetapkan waktu.

Dia menuturkan obligasi menjadi pilihan berikutnya, jika ada kebutuhan dana yang tidak bisa ditanggulangi dengan kas internal senilai Rp. 1,2 triliun.

“Kas kami sejauh ini dilevel Rp 1.2 triliun dan masih memungkinkan untuk membiayai ekspansi bisnis tahun ini. Beberapa pegnembangan bisnis yang dilakukan adalah memproduksi obat-obatan generik yang akan dimulai akhir 2010,” ujarnya Senin.

Pada penghujung tahun lalu Vidjongtius mengungkapkan perseroan berencana menerbitkan obligasi berkisar Rp 500 milyar – Rp 1 triliun. Kepastian penerbitna menurut dia, akan diputuskan pada awal tahun atau kuartal I/2010.

Dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi itu rencananya akan digunakan untuk mengakuisisi merek obat generic baru dalam rangka pengembangan perusahaan secara nonorganik.

Vidjongtius menambahkan sepanjang tahun ini perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 450 milyar. Dana itu akan digunakan untuk mengembangkan produksi obat generic Rp. 150 milyar.

Selain itu perseroan akan egnembangkan lini distribusi dengan alokasi belanja Rp 100 milyar, pembelian mesi baru Rp 100 milyar,d an sisanya untuk pengembangan teknologi informasi perusahaan. “Kas perseroan masih menungkinkan mendanai kebutuhan tersebut.”

Pabrik Baru

Kalbe Farma tengah menyelesaikan pembangunan pabrik baru yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat dengan modal sekitar Rp. 450 milyar.

Vidjongtius mengatakan nantinya kapasitas pabrik baru tersebut bisa meambah volume produksi tablet hingga 50% dari keseluruhan volume produksi tablet Kalbe Farma saat ini. Pabrik baru itu sendiri memiliki luas 12,000 meter persegi.

Hingga saat ini, dia mengatakan perseroan sudah memiliki total 12 pabrik yagn tersebar di tanah air.

Terkait dengan ekspasi perusahaan Kalbe Farma pada bulan ini akan meneken kerjasama dengan perusahaan Thailand, Tipco F&B Company Limited, untuk distribusi produk makanan dan minuman kesehatan.

Langkah itu ditempuh oleh perseroan lantaran peluang pasar industri minuman kesehatan itu terbuka luas di kawasan ASEAN. Untuk tahap awal, kerjasam menyangkut distribusi penjualan produk makanan dan minuman kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: