April 22, 2010

indofarma produksi obat non generik

Posted in pharmacy industry tagged , pada 5:32 am oleh Pharmacy Education

Dikutip dari Bisnis Indonesia, 15 April 2010
Oleh: Afriyanto

PT. Indofarma Tbk berencana memproduksi obat non generik dengan investasi Rp. 200 milyar guna meningkatkan kinerja dan mencari terobosan baru diluar bisnis utama perusahaan

Untuk memproduksi obat non generic tersebut, Indofarma akan menggandeng beberapa investor dengan membentuk perusahaan patungan. Sebagian besar dana investasi berasal dari mitra usaha dan pinjaman bank, sementara BUMN farmasi itu akan menyediakan fasilitas produksi dan jaringan pemasaran.

“Dana investasinya mencapai Rp. 200 milyar. Kami hanya setor Rp. 20 milyar karena sudah menyediakan fasilitas produksi dan pemasarannya.” Kata Presdir Indofarma Placidus Sudibyo, baru baru ini.

Namun, dia belum bersedia mengungkapkan mitra usaha dan nama perusahaan patungan yang dimaksud. “Yang pasti proyek ini akan rampung tahun ini dan siap beroperasi komersial awal tahun depan,” ujarnya.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan penghasilan di luar bisnis utama perusahaan sebagai penyedia obat generic bagi instansi kesehatan seperti puskesmas, klinik dan rumah sakit melalui program pemerintah.

Menurut Sudibyo, Indofarma sulit meningkatkan kinerjanya jika hanya bergantung pada hasil penjualan obat generic mengingat harganya sudah ditentukan pemerintah, sehingga margin keuntungannya sangat tipis.

Tahun lalu Indofarma embukukan penjualan Rp. 1 triliun, yang sebagian beasr atau Rp. 700 milyar disumbangkan oleh anak perusahaan PT. Indofarma Global Medika (IGM), sementara sisanya Rp. 400 milyar merupakan hasil penjualan obat generic.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: