April 22, 2010

asuransi bisa atasi polemik harga obat

Posted in pharmacy industry tagged pada 5:19 am oleh Pharmacy Education

Dikutip dari Bisnis Indonesia, 22 April 2010
Oleh: Afriyanto

Polemik harga obat di Indonesia dinilai bisa diatasi dengan mengoptimalkan fungsi asuransi kesehatan yang telah menjadi standar kehidupan modern di berbagai negara

Menurut Ketua Umum Gabungan Farmasi Indonesia (GP Farmasi) Anthony Ch Sunarjo, program asuransi kesehatan merupakan solusi paling ampuh untuk emngatasi persoalan harga obat yang selam ini selalu menjadi polemic

“Sudah banyak usulan dan wacana mengenai optimalisasi program asuransi kesehatan, tetapi kenapa hingga kini belum ada wujud nyatanya. Padahal program itu sangat efektif menyelesaikan polemic harga obat”, ujarnya kepada Bisnis kemarin.

Dia mengemukakan hal ini menanggapi pernyataan Dirjen Bina Farmasi dan Alat Kesehatan (Binfar & Alkes) Kementrian Kesehatan Sri Indrawati beberapa waktu lalu bahwa pemerintah menyusundraft pengendalian harga obat generic bermerek yagn akan diatur dalam Rancangan Undang-undang tentang obat.

Rencana itu untuk melengkapi regulasi tentang harga obat. Pemerintah telah mengatur harga untuk obat generik berlogo atau obat generic INN (international nonproprietary name) sesuai dengan amanat UU no. 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Menurut Sri, pengendalian harga obat tersebut akan dilakukan dengan rasional, dengan tetap memperhatikan kesempatan industri farmasi di Tanah Air untuk berkembang agar mampu bersaing di era globalisasi.

Hal senada disampaikan oleh anggota Bidang Kode Etik Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GP Farmasi) Ahaditomo

Dia berpendapat selama pembelian obat masih berasal dari kantong pasien sendiri, polemic harga obat tidak akan pernah selesai. Oleh karena itu fungsi asuransi kesehatan harus dijalankan secara optimal.

“Asuransi kesehatan itu sudah menjadi standar baku dalam dunia modern”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: