April 6, 2010

ekspor jamu perlu dipacu

Posted in pharmacy industry tagged , pada 3:47 am oleh Pharmacy Education

Dikutip dari Bisnis Indonesia 6 Maret 2010
Oleh Tri D Pamenan

Indonesia perlu melakukan sejumlah upaya secara lebih intensif seperti menggenjot ekspor untuk menjaga agar produk jamu asli Tanah Air tidak diklaim sebagai milik negara lain.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu Charles Saerang mengatakan untuk menjaga agar jamu tidak di klaim oleh negara lain, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggenjot ekspor jamu. “Strategi ini sekaligus dapat memperkenalkan jamu sebagai salah satu ikon budaya Indonesia,” ujarnya kepada Bisnis kemarin.

Selain itu, menurut Presiden Direktur PT. Nyonya Meneer itu, upaya lain yang belakangan gencar dilakukan pengusaha jamu nasional adalah dengan menggelar program Saintifikasi Jamu.

Dalam program tersebut pengusaha jamu bekerja sama dengan pemerintah dan Ikatan Dokter Herbal untuk mendorong konsumsi jamu di masyarakat dengan cara membuktikan khasiat obat-obat herbal secara ilmiah.

Disamping itu, upaya lain yang perlu lebih intens dilakukan, menurut dia, adalah dengan mengikuti berbagai ajang yang berkala nasional maupun internasional.

Saat ini perusahaan itu tengah mengikuti pameran produk berwawasan lingkungan (EPIF/ Ecoproduct International Fair 2010) yang digelar di Jakarta Convention Center sejak 4 Maret – 7 Maret.

Menurut Rachmat Gobel, Chairman of the Steering Committee of The EPIF 2010, ajang tersebut merupakan sebuah pameran konsep yang mengedepankan pemakaian teknologi, produk dan jasa yang berwawasan lingkungan mulai dari proses pengerjaannya sampai menjadi produk.

“Bagi Indonesia, EPIF adalah sebuah kesempatan emas untuk memperkuat daya saing industri dalam negeri, memperluas daya saing indsutri di pasar global dan memperluas penetrasi pasar internasional melalui green product,” tuturnya.

Bersama sejumlah perusahaan nasional lain, termasuk Mustika Ratu, di ajang tersebut Nyonya Meneer membuka stan budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: