Maret 4, 2010

izin edar obat berbahan tertentu ditinjau ulang

Posted in pharmacy industry tagged , pada 12:35 pm oleh Pharmacy Education

Dikutip dari Bisnis Indonesia 4 Maret 2010
Oleh: Afriyanto

Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) akan meninjau ulang peraturan tentang izin edar produk obat, kosmetik dan makanan yang bersumber dari bahan tertentu.

Peninjauan ulang regulasi tersebut selain karena terlalu banyaknya aspek yang diatur dalam satu peraturan, juga untuk mengakomodasikan usulan dan resistensi dari pelaku usaha yang terkena kebijakan tersebut.

Kepala Badan POM Kustantinah mengakui pihaknya menerima banyak keluhan dan protes dari asosiasi pelaku usaha yang mendesak agar peraturan tersebut dibatalkan.

“Kami akan menampung berbagai usulan yang bersifat konstruktif dan akan kami pelajari. Kalau perlu kami tinjau ulang (kebijakan tersebut),” ujarnya kepada Bisnis baru baru ini.

Pihak-pihak yang memprotes kebijakan tersebut antara lain GP Farmasi, IPMG (International Pharmaceutical Manufacturers Group), dan Gapmmi (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia).

Kepala Badan POM telah menerbitkan peraturan no HK.00.05.1.23.3516 untuk mengatur izin edar produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan dan makanan yang bersumber, mengandung,d ari bahan tertentu dan atau mengandung alcohol pada 31 Agustus 2009.

Poin penting dari aturan tersebut, diantaranya produk (obat, obat tradisional, kosmetik, supplemen makanan, dan makanan) yang bersumber, mengandung atau dalam proses pembuatannya bersinggungan dengan bahan tertentu tidak akan mendapatkan izin edar, kecuali jika sifatnya darurat.

Untuk produk yang mengandung alcohol, produsen wajib mencantumkan kadar presentasenya didalam kemasan produk. Demikian pula dengan produk yang mengandung babi, wajib menyebutkannya di kemasan.

Terkait dengan masalah kehalalan produk, Kustantitnah menyatakan pihaknya akan mengintensifkan koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), terutama terkait dengan kewenangan menerbitkan sertifikat halal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: