Januari 28, 2010

sediaan otik

Posted in scientific articles tagged , , , pada 2:55 am oleh Pharmacy Education

oleh: Goeswin Agoes

Telinga terbagi menjadi bagian luar, tengah dan dalam. Telinga luar terdiri dari pinna atau aurikula, yaitu daun kartilogo yang menangkap gelombang bunyi dan menyalurkannya ke kanal auditori eksternal (meatus), suatu lintasan sempit yang panjangnya sekitar 2.5 cm merentang dari aurikula sampai membran timpani. Membran timpani (gendang telinga) adalah pembatas telinga tengah.

Membran timpani berbentuk kerucut, permukaan eksternalnya dilapisai kulit dan permuakaan internalnya dilapisi membran mukosa, membran ini memisahkan telinga luar dan telinga tengah, memiliki tegangan, ukuran dan ketebalan yang sesuai untuk menggetarkan gelombang bunyi secara mekanis. Telinga tengah terletak di rongga berisi udara dalam bagian petrosus tulang temporal. Turba eustachius (auditori) menghubungkan telinga tengah dengan faring. Turba yang biasanya tertutup dapat terbuka saat menguap, menelan, atau mengunyah. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara pada kedua sisi membran timpani.

Sediaan otik, kadang kadang dinamakans ebagai sediaan telinga ataus ediaan :aural”. Sediaan telinga biasanya ditempatkan pada kanal telinga untuk menghilangkan serumen (malam kuping, tahi kuping) atau untuk pengobatan infeksi, inflamasi atau nyeri telinga. Karena telinga terluar ditutup oleh strukutr kulit dan berperilaku seperti kondisi dermatologi lain seperti halnya permukaan tubuh, kondisi kulit diobati menggunakan beranek ragam sediaan dermatologi.

dikutip dari: Sediaan Farmasi Steril

untuk lebih jelasnya, dapat membaca buku Sediaan Farmasi Steril

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: