Januari 22, 2010

aktivitas air

Posted in scientific articles tagged , pada 3:28 am oleh Pharmacy Education

oleh: Goeswin Agoes

Aktivitas air merupakan prinsip dasar termodinamika dan kimia fisika menurut prinsip termodinamik, dalam mendefinisikan aktivitas air yang harus dicapai. Persyaratan ini adalah: air murni (aw= 1.0) merupakan kadar standar, sistem berada dalam kesetimbangan dan temperatur harus tertentu

Temperatur, PH dan beberapa faktor lain dapat mempengaruhi obat dan organisme akan tumbuh dalam suatu produk, aktivitas air barangkali faktor paling penting dalam pengontrolan kerusakan zat bahan.

Kebanyakan bakteri sebagai contoh tidak akan tumbuh pada air dibawah 0.91 dan kebanyakan kapang akan berhenti pertumbuhannya pada aw lebih kecil dari 0.8. Aktivitas air dan bukan kandungan air yang akan menentukan batas terendah air tersedia untuk pertumbuhan mikroba.

Selain mempengaruhi kerusakan bahan karena perusakan oleh mikroba, aktivitas air dapat berperan secara signifikan dalam menentukan aktivitas enzim dan vitamin dalam makanan yang berdampak pada warna, rasa dan aroma makanan. Juga secara signifikan berdampak pula pada petensi dan konsentrasi sediaan farmasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: