Januari 10, 2010

magnesium stearat

Posted in scientific articles tagged , pada 5:49 pm oleh Pharmacy Education

Oleh: Goeswin Agoes

Magnesium stearat (Mg-stearat) adalah material (eksipien) pertama yang dipilih untuk harmonisasi oleh Pharmacopeial Discussion Group

Mg stearat adalah lubrikan sangat efektif dan luas digunakan. Material aygn berasal dari sumber hewani, merupakan campuran dari stearat dan palmilat, dan merupakan lubrikan yang baik jika dimanufaktur secara proses pengendapan (presipitasi) material berasal dari tanaman berbeda komposisinya.

Mg stearat bersifat hidrofobik dan dapat memperlambat disolusi API dari sediaan padat, oleh sebab itu dalam formulasi diaplikasikan pada konsentrasi terendah.

Ada ermacam bentuk kristalin magnesium stearat, yaitu: anhidrat, dihidrat dan trihidrat dan ada pula bentuk amorf. Bentuk hidrat stabil dengan keberadaan kelembaban, bentuk anhidrat mengabsorbsi kelembaban pada RH sampai 50% dan pada kelembaban tinggi akan embentuk trihidrat. Bentuk anhidrat dapat terbentuk secara pengeringan dari bentuk hidrat pada 105 derajat C.

Sifat fisika dari Mg stearat dapat bervariasi antara bets dari manufakturer berbeda, karena karakterisitik keadaan padat serbuk dipengaruhi oleh variabel manufacturing. Bahkan variasi sifat fisikal ini juga dapat terjadi antara lots dari produsen yang sama.

Jadi bagian kontrol kualitas harus berhati hati dalam menganalisis dan meloloskan Mg stearat; harus jelas spesifikasi mana yang digunakan (USP beda dari Farmakope lain)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: