November 24, 2009

SISTEM BIODEGRADABEL

Posted in scientific articles tagged pada 8:48 am oleh Pharmacy Education

oleh: Goeswin Agoes

Sistem biodegradabel diaplikasikan luas dalam sistem penghantaran obat untuk berbagai tujuan. Pada tahap awal pengembangan sistem ini, para peneliti menembangkan sistem monolitik berupa dispersi bahan aktif (BA) dalam polimer.

Dalam sistem ini BA akan dilepas melalui disolusi permukaan amtrik secara lambat. Saat ini diketahui bahwa penguraian tipe ini jarang terjadi. Kecepatan degradasi kebanyakan polimer tidak konstan, danĀ  penguraian tidak terbatas hanya pada lapis permukaan polimer saja. Sebagai tambahan, pelepasan BA terdispersi secara difusi sering terjadi sebelum degradasi polimer. Oleh sebab itu pengembangan sistem penghantaran obat sistem biodegradabel lebih sulit dari perkiraan awal.

Mekanisme degradasi dan pelepasan BA sistem terkendali ini tergantung pada 3 parameter:

  1. Sifat kimia polimer: tipe ikatan yang tidak stabil secara hidrolitik dalam polimer akan mempengaruhi desain sistem, dan posisi gugus labil dalam polimer juga penting.
  2. Kinetika kecepatan reaksi hifrolisis: alur penguraian biodegradabel polimer akan mempengaruhi secara substansial kinerja sediaan. Degradasi dapat terjadi secara preferensial pada permukaan (heterogen), secara merata pada keseluruhan matrik polimer (homogen), atau kombinasi dari kedua cara ini.
  3. Desain sediaan: BA dapat diinkorporasikan ke dalam sediaan sebagai bagian dari sistem kontrol monolitik, baik menurut cara degradasi, maupun cara difusi, sebgai bagian dari sistem reservoir kontrol difusi atau pengikatan pada polimer dalam suatu sistem poliagen.

dikutip dari: Sistem Penghantaran Obat Pelepasan Terkendali

klik disini untuk detail lebih lanjut buku “Sistem Penghantaran Obat Pelepasan Terkendali?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: