November 4, 2009

TREN DESAIN KEMASAN OBAT

Posted in scientific articles tagged , pada 7:17 am oleh Pharmacy Education

Saat ini, penampilan sebuah produk tidak bisa dianggap sepele, termasuk produk-produk kesehatan.

Obat, misalnya–meskipun khasiat obat tetap yang utama–jika terdapat beberapa pilihan obat OTC dengan kualitas dan harga yang sama, tentu konsumen akan memilih produk dengan daya tarik visual yang baik. Kemasan di sini bukan cuma “bungkus” saja, tapi termasuk penjelasan tentang obat yang lengkap, komunikatif/mudah dimengerti, material yang mencerminkan kebersihan/kesehatan, dan bahkan tata letak gambar ataupun tulisan dalam kemasan. Nah, setiap pelaku industri farmasi yang ingin produknya dipilih oleh konsumen tentu tidak boleh mengabaikan aspek-aspek tersebut.

Penting bagi industri farmasi untuk mengenal lebih dalam tentang desain kemasan, jenis material kemasan, dan berbagai strategi untuk mempengaruhi emosi konsumen–biasanya branding image ini dianggap hanya urusan orang-orang pekerja advertising. Paling tidak si produsen obat memahami kebutuhan konsumen saat ini dan bisa mengambil keputusan yang tepat saat menentukan seperti apa “tampang” produk yang akan dipasarkan. Mengenai teknologi kemasan obat dan strategi mendesain kemasan, telah dijelaskan dalam majalah Pharmabiz edisi 12/2008 halaman 22. Perlu diingat pula, desain kemasan yang dianggap berhasil bukan karena terlihat “cantik” saja, namun juga fungsional. Tanpa kemudahan fungsi, akhirnya tampilan produk itu cuma sekadar kosmetika.

http://www.pharmabizmagazine.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: