November 1, 2009

SEDIAAN TRANSDERMAL

Posted in training tagged , , pada 6:46 pm oleh Pharmacy Education

Dalam penelitian di Industri farmasi dapat dikelompokkan dalam :

Penemuan obat baru.

Penelitian ini memerlukan biaya dan ekspertis yang mahal dan lama. 2 negara berkembang yang poernah menemukan obat baru adalah Brazilia dan India. Untuk kita barangkali hal ini masih jauh, karena saat ini untuk menemukan obat baru dibutuhkan biaya sekitar $ US. 500.000.000 dan memerlukan banyak ekspertis yang di negara berkembang relatif sedikit, dan hak paten hanya untuk tidak lebih dari 20 tahun; sedangkan pada waktu penelitian selesai (5 – 8 tahun), masa paten tinggal 10 – 12 tahun lagi saja.

Pencarian sistem penghantaran baru (new drug delivery system)

Hal ini lebih terbuka bagi negara berkembang, karena umumnya obat yang sudah ditemukan ditingkatkan manfaatnya dan efisiensinya dengan mencari :

  1. Bentuk baru pemasukan obat (misal : transdermal, transnasal, pulmonal dan lain sebagainya) dari bentuk konvensional yang sudah lama dikenal (oral, parenteral, supositoria)
  2. Mencari bentuk sediaan baru, misal obat dengan pelepasan terkendali dan dimodifikasi/diperlama.

Bentuk sediaan transdermal, adalah memasukkan obat melalui kulit, yang dapat pula diperlama masa/waktu kerjanya, misal sediaan seperti nitrogliserin transdermal yang dapat bekerja selama beberapa jam.

Di Eropa dan Jepang sediaan kosmetikanya sudah banyak dikembangkan dalam bentuk transdermal ini, sehingga kosmetik mereka juga berfungsi sebagai obat (cosmeceuticals)

Waktu Pelatihan: 1 hari penuh

Materi pelatihan ini telah tersedia, untuk informasi lebih lanjut, hubungi: rizanovara@gmail.com atau rizanovara@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: