Oktober 26, 2009

PELUANG INDUSTRI FARMASI DI TAHUN 2009

Posted in scientific articles tagged , pada 7:55 pm oleh Pharmacy Education

Industri farmasi merupakan salah satu industri besar dan berpengaruh di Indonesia. Bagaimana tidak? Sebagai negara berkembang, Indonesia merupakan pasar obat potensial.


Hingga saat ini, ada kurang lebih 199 perusahaan farmasi, dimana 35 perusahaan diantaranya adalah PMA (Penanaman Modal Asing) dan sisanya adalah perusahan farmasi lokal atau PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).

Melihat banyaknya perusahaan farmasi saat ini, apakah krisis global mampu mempengaruhi laju bisnis mereka? Bagaimanakah peluang industri ini di sepanjang tahun 2009? Jonathan Sudharta selaku Head of Pharma dari PT. Menjangan Sakti mengemukakan bahwa pertumbuhan bisnis farmasi diperkirakan akan mencapai 11%. Menurutnya, adanya agresivitas dari perusahaan lokal (PMDN) yang disertai dengan munculnya unit-unit dan produk-produk baru yang didominasi oleh food suplemen/extract/kandungan vitamin akan menjadi salah satu faktor yang mampu mendorong pertumbuhan sebesar itu. “Food suplemen akan menjadi growth contributor dalam industri farmasi tahun ini”, tambahnya. Selain itu, mudahnya proses registrasi bagi perusahaan lokal yang hanya memakan waktu enam bulan menjadi salah satu pendorong hadirnya perusahaan farmasi baru.

Ia menekankan bahwa di tahun ini akan semakin berkembang produk-produk inovatif seperti antibiotic dan therapeutic class yang menjadi andalan dalam industri farmasi. Adapun yang termasuk dalam therapeutic class disini adalah cardiovascular, diabetes, neuro, dan onkologi. Tidak hanya itu, ia juga menegaskan bahwa kebutuhan obat murah juga akan meningkat terkait dengan adanya Pemilu 2009. “Tidak hanya produk baru, tapi mess market seperti paracetamol dan amoxicillin juga akan naik”, tuturnya.

Tren Harga Bahan Baku
Sedangkan untuk tren harga bahan baku farmasi pada tahun ini dinilainya cukup pelik. Fluktuasi harga minyak dan kurs rupiah terhadap dolar tidak bisa menjamin apakah kenaikan harga suatu bahan baku akan berbanding lurus dengan kedua hal tersebut. Menurutnya, ada bahan baku yang mengalami kenaikan secara drastis, namun ada juga yang akan mengalami penuruan secara drastis pula. Ada beberapa bahan baku yang memang terpengaruh karena fluktuasi kurs dolar, namun banyak juga yang dipengaruhi oleh harga minyak jika dilihat dari proses produksinya. Banyaknya pabrik-pabrik bahan baku China yang akan ditutup di tahun 2009 juga menyebabkan kenaikan harga bahan baku farmasi dunia, khususnya untuk produk vitamin C.

http://www.pharosindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: