Oktober 24, 2009

Nanopartikel Lipid Padat Sebagai Sistem Pembawa Senyawa Aktif yang Handal

Posted in scientific articles tagged pada 4:42 pm oleh Pharmacy Education

Nanopartikel lipid padat (solid lipid nanoparticle, SLN) adalah partikel berbentuk sferik dengan diameter berkisar antara 50 – 500 nm.


SLN merupakan sistem pembawa berbasis nanoteknologi yang relatif baru dikembangkan belakangan ini untuk formulasi senyawa aktif termasuk obat yang mempunyai masalah baik dalam hal kelarutan dan stabilitas. Komponen utama SLN adalah lipid atau senyawa golongan lipid yang aman secara biologi (biodegradable and biocompatible), membentuk matrik inti lipid yang distabilisasi oleh suatu surfaktan atau emulgator. Dibandingkan dengan sistem pembawa berbasis nanoteknologi lain seperti liposom, mikroemulsi, dan nanopartikel polimeri.

Keunggulan

SLN mempunyai keunggulan lebih pada pembuatannya, dimana dapat menghindarkan penggunaan pelarut organik yang umumnya toksik, mempunyai stabilitas, terutama stabilitas fisik yang lebih baik, kemampuannya melindungi senyawa aktif dari penguraian oleh pengaruh faktor kimia dan fisika, bahan eksipien (lipid) yang murah, dan kemudahannya dalam produksi skala besar. Keunggulan ini menjadikan SLN berpeluang besar untuk pengembangan formulasi berbagai senyawa aktif yang selama ini masih sulit penanganannya di industri farmasi.
Berbagai teknik dapat digunakan untuk pembuatan SLN, diantaranya dengan homogenisasi bertekanan tinggi dan mikroemulsifikasi. Teknik yang banyak digunakan adalah homogenisasi bertekanan tinggi, di mana hampir tidak ada kendala dalam pengembangan skala industri, serta prosesnya dapat dilakukan pada suhu tinggi ataupun rendah bergantung pada jenis lipid yang digunakan serta stabilitas termal dari senyawa aktif yang akan diinkorporasikan.

Potensi Aplikasi

Potensial untuk formulasi senyawa obat yang mempunyai masalah dalam hal kelarutan dan stabilitasnya, di mana masalah tersebut merupakan masalah utama di industri farmasi. Kelarutan dan stabilitas yang kurang baik dari suatu senyawa obat merupakan kendala utama bagi pengembangan bentuk sediaan dan rute pemberian, yang selanjutnya berdampak kepada therapeutic outcome yang kurang maksimal dan patient complience yang rendah.

Selain itu, pengembangan solid lipid nanoparticle (SLN) dalam skala produksi sangat memungkinkan, dengan biaya produksi rendah, bahan baku pembentuk SLN relatif murah, biocompatible, dan aman. Produk SLN mempunyai peluang untuk dikembangkan dalam berbagai rute pemberian dan bentuk sediaan. Hal ini menjadikan pengembangan SLN dalam bidang farmasi (obat, kosmetik, suplemen makanan) sangat prospektif dan profitable.

Ditulis oleh Dr. Heni Rachmawati

http://www.nano.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: