Oktober 24, 2009

NANO PARTIKEL

Posted in training tagged , , pada 4:22 pm oleh Pharmacy Education

Teknologi partikel nano merupakan sistem penghantaran obat koloidal dengan rentang ukuran partikel 10 nm sampai 1000 nm (1 μm) telah mulai dirintis dan dikembangkan sejak 40 tahun lalu oleh Speiser dan kawan-kawan.

Efikasi banyak obat sering dibatasi oleh potensialnya mencapai lokasi kerja terapeutik. Dalam sebagian besar kasus, hanya sejumlah kecil dari obat yang diberikan mampu mencapai lokasi kerja, sebagian besar akan didistribusikan keseluruh tubuh tergantung dari sifat fisiko kimia dan biokimia obat.

Sebaliknya sistem penghantaran obat yang bersifat spesifik lokasi, tidak hanya akan meningkatkan jumlah obat yang mencapai lokasi kerja akan tetapi juga akan menurunkan jumlah obat yang terdistribusi ke bagian lain tubuh, yang berarti juga akan mengurangi efek samping yang tidak diinginkan.

Obat yang bekerja pada lokasi spesifik atau sistem penghantaran bersasaran (targeted) dapat menurunkan dosis obat yang diberikan. Dengan penurunan efek samping, hal ini juga akan meningkatkan indek terapi obat.

Nanopartikel merupakan “material makromolekular”, dapat digunakan sebagai bahan pembantu dalam vaksin atau pembawa obat; pada mana bahan aktif (obat atas bahan biologi aktif) terlarut, dijerat, atau dienkapsulasi, atau bahan aktif di adsorbsi atau melekat.

Ukuran partikel yang kecil ini (1 μm) menyebabkan nanopartikel dapat diberikan secara intravena. Diameter kapiler darah terkecil berukuran 4 μm, sehingga nanopartikel dapat melewati semua kapiler. Hal ini juga dibutuhkan pada pemberian obat secara intra maskular atau subkutan, karena ukuran partikel halus ini akan mengurangi iritasi pada lokasi penyuntikan.

Aplikasi nanopartikel meliputi, obat sitostatik, antiinfeksi, peptida dan lain sebagainya; yang dapat diberikan secara oral, oftalmik, disasarkan pada daerah inflamasi dalam tubuh disamping pemberian berbagai bentuk injeksi

Waktu Pelatihan : 1 hari penuh

Materi Pelatihan ini telah tersedia, untuk informasi lebih lanjut hubungi: rizanovara@gmail.com atau rizanovara@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: