Oktober 23, 2009

SISTEM PARENTERAL LEPAS LAMBAT

Posted in training tagged , , pada 4:42 am oleh Pharmacy Education

Pemberian obat dalam sistem sediaan parenteral dapat berupa : bentuk larutan, suspensi, emulsi dan implants (sistem mikropartikulat), semuanya dapat diformulasikan dalam bentuk melepaskan bahan aktif secara lambat (extended release)

Ditinjau dari rute pemberian sediaan parenteral, untuk memperlama/memperlambat kerja maka bentuk sediaan yang umum adalah untuk pemberian secara intramuskuler, subkutan, intraperitonial dan intraartikular.

Sesudah pemberian tunggal secara injeksi intramuskuler dan subkutan, absorbsi obat bervariasi tergantung faktor terkait : obat, bentuk sediaan serta factor fisiologi.

Walaupun sampai saat ini belum ada industri farmasi Indonesia yang memproduksi sediaan parenteral berbentuk emulsi (misalnya Total Parenteral Nutrition, TPN dan lain-lain) dan sediaan parenteral dengan karakteristik bersasaran (Drug targeting); hal ini akan dibahas dalam lokakarya sebagai antisipasi perkembangan industri farmasi Indonesia di masa dating (dalam waktu dekat)

Sebelum membahas sediaan parenteral lepas lambat terlebih dahulu perlu pemahaman secara umum tentang sediaan parenteral. Untuk memperlambat pelepasan sediaan parenteral antara lain dapat dicapai dengan penggantian/penggunaan pelarut/pendaur sediaan parenteral, dengan meningkatkan viskositas, pembentukan komplek, garam, ester, sediaan dalam bentuk suspensi.

Selain dari pada itu dibahas pula masalah bentuk emulsi dalam sediaan parenteral dan karakteristik formulasi nutrisi parenteral secara total (TPN) serta masalah yang akan dihadapi. Selain teori dibahas pula masalah manufaktur, kemasan dan stabilitas

Waktu Pelatihan: 1 hari penuh

Materi pelatihan ini sudah tersedia, untuk info lebih lanjut harap hubungi: rizanovara@gmail.com atau rizanovara@yahoo.com

2 Komentar »

  1. dewi said,

    perjelas lg do………….nk

  2. tulisan diatas adalah sekelumit mengenai materi training/pelatihan “Sistem Parenteral Lepas Lambat” mau yg lebih jelas?? ikut pelatihannya aja ..:)
    berminat?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: