Oktober 15, 2009

MIKROEMULSI

Posted in training tagged , , pada 10:39 am oleh Pharmacy Education

Mikroemulsi secara termodinamika stabil (jadi tidak akan memisah/pecah seperti pada emulsi), transparan, dispersi dari minyak dan air distabilkan oleh film antar muka molekul surfaktan.

Surfaktan dapat murni, berupa campuran, atau dikombinasi dengan aditif lain. Sistem homogen ini dapat dibuat dengan rentang konsentrasi surfaktan dan perbandingan minyak terhadap air yang lebar (20-80%), semuanya encer dengan viskositas rendah.

Pada saat ini minat terhadap sistem penghantaran koloidal (liposom, nanopartikel, mikrosfer, komplek obat makromolekul) untuk tujuan: obat bersasaran (drug targeting), pelepasan terkendali & perlindungan terhadap bahan berkasiat sedang diteliti & dikembangkan secara luas.

Mikroemulsi yang merupakan agregat stabil, mampu melarutkan sejumlah kuantitas bahan larut minyak, larut air dan ampifilik karena antar mukanya yang ekstensif, keberadaan air dan minyak. Mikroemulsi relatif mudah di manufaktur (preparasi); terbentuk secara spontan tanpa peralatan pengadukan intensif dan suhu tinggi, dan mikro struktur sistem tidak tergantung dari urutan penambahan eksipiens selama proses manufaktur.

Sifat transparan secara optik dan viskositas rendah, menjamin penampilan bagus dan mudah ditangani dan dikemas, serta kestabilan yang tidak terbatas, menjamin usia guna. Enzim dan biopolimer yang disolunilisasi dalam daerah air dan misal terbalik (reverse misells) akan mempertahankan aktivitasnya, dan dilindungi terhadap lingkungan oleh film antar muka. Kemampuan untuk mensolubilisasi biopolimer dan kondisi manufaktur, menyebabkan mikroemulsi dapat dimanfaatkan sebagai pembawa yang untuk transpor dan menghantarkan obat berbasis peptida yang saat ini sedang disintesis dan diteliti.

Karena kebanyakan surfaktan dapat bermasalah pada pemberian secara oral, maka penelitian yang umum dari mikroemulsi adalah untuk aplikasi dermotologi disamping penelitian untuk aplikasi lain.

Materi pelatihan ini telah tersedia, untuk info lebih lanjut hubungi: rizanovara@gmail.com

Waktu Pelatihan : 1 hari penuh

1 Komentar »

  1. Chandra said,

    maaf mau nanya
    eksipient yabg digunakan apa aja?
    dan pada konsentrasi berapa eksipient tersebut diagunakan
    thq🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: