Oktober 29, 2009

PENGHANTARAN OBAT INTRANASAL

Posted in training tagged , , at 10:11 am oleh Pharmacy Education

Bermacam system mucosal dalam tubuh manusia (nasal, pulmonal, rectal dan vaginal) dapat dimanfaatkan untuk titik masuk system penghantaran obat.


Dengan sendirinya system mucosal tersebut ada perbedaan dan persamaan. Formulasi sediaan ini seharusnya tidak hanya membahas aspek formulasi dan teknologi saja, tapi juga perlu membahas aspek: fisiologi, biokimia, metabolisme mucosal obat dan absorpsi obat.

Sistem penghantaran obat nasal ini telah berlangsung sejak lama, dikenal dalam pengobtan Ayurvedi di India dan oleh orang Indian di AmerikaSelatan, melalui cara penghisapan (snuff) obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemberian obat secara intranasal merupakan alternative ideal untuk menggantikan system penghantaran obat sistematik parenteral. Keuntungan pemberian obat secara nasal ini meliputi: pencegahaneliminasi lintas pertaa hepatic, metabolisme dinding salur cerna atau destruksi obat di salur cerna; kecepatan dan jumah absorpsi, serta profil konsentrasi obat versus waktu relative sebanding dengan pengobatan secara intra verna; keberadaa vaskulator yagn besar dan struktur yang sangat permeable mukosa nasal ideal untuk absorpsi sistematik, dan kemudian pemerian serta kenyamanan pemberi obat secara intra nasal untuk pasien

Pemberian obat menurut rute nasal merupakan sustem penghatnaran obat yang menarik, seperti terbukti dengan introduksi bentuk sediaan yang dapat diterima misal kalsitonin untuk osteoporosis dan analog dari luteinizing harmone-releasing harmone untuk endometrosis. Selin dari pada itu telah diteliti pula semacam obt untuk diberikan secara intranasal (misal kartiko steroid, antibiotika, kardiovaskular, histaminedan anti histamine dan lain sebagainya)

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketentuan akhir di Amerika Serika yang mensyaratkan obat untuk eent (mata, telinga, hidung dan tenggorokan) harus disiapkan steril seperti halnya obat mata.

Waktu Pelatihan: 1 hari penuh

Materi pelatihan ini telah tersedia, untuk informasi lebih lanjut hubungi: rizanovara@gmail.com atau rizanovara@yahoo.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: