Oktober 15, 2009

SISTEM PENGHANTARAN OBAT PELEPASAN TERKENDALI

Ditulis dalam literature available tagged pada 4:58 pm oleh Pharmacy Education

Buku “Sistem Penghantaran Obat Pelepasan Terkendali

Edisi 1

Penulis: Goeswin Agoes

Cetakan 1: 2008

Penerbit ITB

Sistem Penghantaran Obat Pelepasan Terkendali

Peluang penemuan farmasi untuk dipatenkan meliputi: penemuan obat baru (New Chemical Entity, NCE), efek farmakologi baru dari obat yang sudah habis masa patennya, dan komposisi baru dari sistem penghantaran (New Drug Delivery System, NDDS). Pada saat ini dikembangkan pula cara pemasukan obat baru dengan tujuan sistemik ke dalam tubuh melalui pintu masuk (entry points) baru yang selama ini belum dikembangkan, seperti melalui kulit (transdermal), selaput mukosa (inytranasal, intraokular, intravaginal, sistem oral sasaran kolon, dan sebagainya). Semuanya dirangkum dalam kelompok sistem penghantaran obat baru.

Keinginan untuk menurunkan frekuensi pemberian obat setiap hari merupakan hal yagn selalu menjadi perhatian dokter, farmasis dan pasien untuk mencapai efektifitas pengobatans ecara maksimal.

Pada awalnya permberian obat oral salut enterik bertujuan untuk menghilangkan iritasi dan ketidaknyamanan di lambung sat penggunaan obat. Terminologi ini kemudian berkembang enjadis ediaan lepas tunda karena bahan aktif obat ditunda pelepasannya dari lambung, baru dilepas di sepanjang salur cerna berikutnya, yang sekarang dikenal sebagai sistem penghantaran obat terkendali. Terminologi terakhir ini adalah terminologi yang lebih luas pengertiannya.

Di samping penurunan frekuensi pemberian obat konvensional dari 3 – 4 kali sehari menjadi 1-2 kali sehari, untuk obat dengan indeks terapi sempit, ada resiko kadar obat dalam darah tidak mencukupi; dan karena itu diperlukan beberapa cara dan metode untuk memperlama kerja obat.

Manfaat samping dari bentuk sediaan dengan pelepasan terkendali yang walaupun pada awalnya tidak terduga adalah berkurang resiko efgek samping.

Karena umumnya dosis total obat yang berada dalam sediaan lepas terkendali lebih besar dari dosis tunggal sediaan konvensional, ada kemungkinan terjadi dumping dosis obat, dimana obat dengan dosis lebih tinggi segera dilepas secara keseluruhan, sehingga menimbulkan overdosis, yang dapat sangat beresiko tinggi untuk obat dengna indek terapi sempit.

Keberhasilan memperlama (memperpanjang) pelepasan obat, tidak hanya berlaku pada bentuk sediaan oral, tapi juga pada bentuk sediaan lain (parenteral, transdermal, intraokular, dan sebagainya). Sekitar tahun 1940 dan 50 an, beberapa paten farmasi telah diberikan untuk sediaan parenteral penisilin dalam bentuk sediaan depot yang bekerja lebih lama. Dengan kemajuan ilmu dan teknologi farmasi saat ini, perpanjangan kerja obat yagn diberikan secara injeksi intramuskular telah dapat mencapai masa kerja sampai 3 bulan, bahkan lebih. Untuk memperlama pelepasan obat dari sediaan telah dimanfaatkan pula prinsip biologi, yaitu memperpanjang waktu tinggal sediaan dalam sistem tubuh. Bahkan dengan perkembangan pengetahuan farmakokinetika, telah berhasil dikembangkan sediaan farmasi yang diberikan secara oral bekerja untuk selama satu minggu atau lebih. Salahs atu aplikasi sediaan transdermal lepas terkendali yang penting adalah pada bentuk sediaan kosmetik yang saat ini sudah luas peredarannya.

Buku ini membahas dasar-dasar tentang pengendalian pelepasan obat dari bentuk sediaan farmasi konvensional ataupun sistem penghantaran obat baru yang perlu dipahami oleh para farmasis.

Daftar Isi

Bab1: Karakteristik Bahan Aktif dan Model Kinetika Pelepasan Obat

Bab2: Aspek Biofarmasetika Formulasi Sediaan Bekerja Diperlama

Bab3: Polimer Farmasetik

Bab4: Faktor yang Mempengaruhi Kinetika Pelepasan Obat

Bab5: Sistem Biodegradabel

Bab6:  Sistem Penghantaran Obat Melalui Modulasi

Bab7: Solubilisasi dan Insolubilisasi Obat

Bab8: Sediaan Obat Pelepasan Terkendali

Bab9: Teknologi Sediaan Oral Pelepasan Terkendali

Bab10: Sediaan Parenteral Lepas Terkendali

Bab11: Sistem Adhesif Mukosal

Bab12: Sistem Penghantaran Obat Mata Lepas Terkendali

Bab13: Sediaan Transdermal Lepas Lama

Bab14: Sistem Penghantaran Intranasal

Bab15: Teknologi Penghantaran Obat Vaginal

Bab16: Sistem Penghantaran Obat Oral, Spesifik Kolon

Bab17: Penghantaran Obat Pulmonari secara Inhalasi

Bab18: Sistem Penghataran Obat Mukosal Oral

Harga: idr 85,000 (diluar ongkos kirim)

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: rizanovara@gmail.com atau primavalue@gmail.com

6 Komentar »

  1. [...] disini untuk mengetahui lebih detail mengenai buku Sistem Penghantaran Obat Pelepasan [...]

  2. [...] disini untuk detail lebih lanjut buku “Sistem Penghantaran Obat Pelepasan Terkendali? Tinggalkan [...]

  3. [...] mengetahui lebih detail mengenai buku, klik disini Tinggalkan sebuah [...]

  4. [...] lebih detail mengenai buku Sistem Penghantaran Obat Pelepasan Terkendali dapat di klik disini Tinggalkan sebuah [...]

  5. [...] lebih detailnya mengenai buku Sistem Penghantaran Obat Pelepasan Terkendali dapat di klik disini Tinggalkan sebuah [...]

  6. tryawanagus berkata,

    DI JAKARTA ADA GA YAH..
    LAM KENALM PHARMACIST


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: